Arti Kode Nomor Ban Mobil

Ban buat mobil merupakan komponen yang sangat penting, bagi yang sudah waktunya mengganti ban lama dengan baru harus memperhatikan beberapa hal. Apalagi ingin upgrade ukuran. 

Seiring perkembangan zaman dan persaingan industri ban nasional, beragam merek dunia maupun lokal memenuhi lantai bursa Tanah Air. Harga dan kualitas pun kian bersaing satu sama lain. 

Paling tidak ada 3 hal yang harus diperhatikan jika ingin mengganti ban. Pertama pastikan load index ban minimal sama seperti ban aslinya. Misalnya, Daihatsu Luxio tipe M memiliki load index 91, untuk ban pengganti harus sama, akan lebih baik jika dinaikkan menjadi 92. Load index adalah kemampuan ban untuk membopong beban. 

Hal penting berikutnya, peruntukan ban tersebut. Maksudnya, apakah akan untuk dipakai sport, atau hanya ganti ban standar saja. Sebab beda peruntukan akan berbeda pula varian ban yang dipakai, meski memiliki ukuran yang sama. Perbedaannya akan ada di load index dan speed index (simbol kecepatan). 

Jika ingin mengganti ban yang lebih ekonomis juga harus memperhatikan konversi ukuran. Hal ini penting seandainya akan mengganti dengan ukuran berbeda. Untuk Luxio, ukuran ban standar 195/65-R15. Jika ingin dikonversi bisa memilih 205/60-R15 atau 205/55-R16. Konversi ini berhubungan dengan pembacaan kecepatan di odometer.

Jika ketinggian ban diturunkan jadi 195/55-R15 maka pembacaan di odometer dengan kecepatan sesungguhnya berbeda. Pembacaan di odometer mungkin sudah 100 km/jam, namun actual speed hanya 80-90 km/jam. Demikian juga jika dinaikkan jadi 205/65-R15, maka yang terjadi kebalikannya.

Ingin Mendapatkan Info Sperti Ini Ke Email? Langgan Yuk...